Lagi renovasi? Berikut 22 Inspirasi Motif Lantai Keramik Kamar Mandi

Sedang membuat atau renovasi kamar mandi Anda, namun bingung motif lantai keramik kamar mandi apa yang cocok?

Fungsi kamar mandi sekarang tak hanya berfungsi untuk mandi atau berganti baju. Banyak arsitek, desainer interior, dan brand-brand sanitari yang memperlakukan kamar mandi sebagai tempat relaksasi utama, bahkan melebihi living room.

Studio DB

Dengan pergerakan fungsi ini, desain kamar mandi semakin diperhatikan demi menghadirkan nuansa yang nyaman, relax, dan mewah. Berapa pun ukuran area, selalu ada trik yang mampu membuat kamar mandi terasa luas dan megah. Pemilihan motif lantai kamar mandi memberikan andil yang cukup besar dalam merancang kamar mandi. 

Berikut ini 22 inspirasi motif lantai keramik kamar mandi yang akan membuat kamar mandi terlihat berbeda.

1.      Motif zigzag atau chevron agar kamar mandi terlihat unik

Justina Blakeney / Kohler

Tips dari CASA Indonesia: Motif chevron biasanya terdiri dari pola dua warna. Agar tidak terlalu ramai saat diletakkan di kamar mandi, pilih warna nat keramik yang kontras agar terlihat berbeda dengan warna dasar keramik. Keramik berwarna biru, hijau, atau teal bisa membuat kamar mandi terasa semakin segar. Secara psikologis, ketiga warna memberikan relaksasi lebih pada ruangan sehingga cocok untuk kamar mandi.

2.      Motif marmer cocok untuk kamar mandi utama yang memberikan kesan mewah

Subianto & Siane dan Inerre Interior / Mario Wibowo

Tips dari CASA Indonesia: Motif marmer sangat tepat digunakan untuk master bathroom. Inspirasi desain kamar mandi bisa mengacu pada hotel berbintang lima yang mengusung kemewahan dan relaksasi pada kamar mandi. Motif marmer sering kali dipasang di lantai dan menyatu ke dinding.

3.      Motif polos untuk kamar mandi minimalis

Tips dari CASA Indonesia: Jika keramik kamar mandi yang Anda pilih sudah polos, maka Anda bisa bermain dengan motif-motif beragam pada dinding. Tentukan desain interior kamar mandi yang Anda inginkan. Jika ingin kamar mandi minimalis, pilih dinding berpola simple dengan sedikit aksen warna. Jika Anda menyukai nuansa alam, wallpaper atau dinding keramik bermotif kayu juga bisa menjadi alternatif.

4.      Motif teraso yang kembali menjadi tren material 2018; yang dulu booming di tahun 1970 hingga 1980-an

Arent & Pyke / Tom Ferguson

TIps dari CASA Indonesia: Gabungkan motif teraso dengan motif heksagon pada dinding untuk memberikan permainan visual. Motif teraso tampil serasi dengan produk sanitasi berwarna putih.

5.      Motif fish scale dalam nuansa pastel cocok untuk kamar mandi para wanita

Justina Blakeney

Tips dari CASA Indonesia: Pola yang mirip sisik ikan ini sering terlihat pada arsitektur bergaya Victoria. Bagi Anda yang memiliki furnitur antik, bisa dialihfungsikan menjadi meja wastafel. Aplikasikan warna yang berbeda pada dinding dan lantai, agar kamar mandi terasa cozy dan eye catching. Pilih warna pastel, agar desain kamar mandi terasa lembut dan nyaman.

6.      Motif unpolished concrete untuk konsep industrial  

A&Partners / Masuria Sudjana

Tips dari CASA Indonesia: Untuk konsep industrial, aplikasikan motif unpolished concrete atau semen di dinding, lantai, bahkan menyatu dengan meja wastafel. Produk sanitasi putih akan terlihat mencolok di tengah-tengah nuansa warna abu-abu ini.

7.      Motif quatrefoil akan membuat kamar mandi terlihat cantik dan anggun

Nomade Architettura Interior Design / Houzz

TIps dari CASA Indonesia: Quatrefoil yang berarti empat daun dalam bahasa Latin cocok untuk kamar mandi berkonsep gothic dan renaissance. Karena pola quatrefoil ini cukup dominan, maka pilih material dinding yang polos untuk meredam.

8.      Motif geometris untuk Anda yang bosan dengan pola-pola polos

Tips dari CASA Indonesia: Bosan dengan pola-pola polos, namun tidak terlalu nyaman dengan motif yang terlalu ramai? Motif geometrik adalah kategori luas yang mencakup semua pola yang menggambarkan bentuk grafik. Memilih motif geometris di lantai kamar mandi menjadi sebuah statement yang berbeda untuk kamar mandi Anda. Pilih warna kromatik (abu-abu, hitam, putih) agar nuansa kamar mandi tetap tenang walaupun menggunakan motif yang bermacam-macam.

9.      Motif kotak-kotak bernuansa Art Deco

Coco Kelley / Morrison6.com

Tips dari CASA Indonesia: Jadikan lantai kamar mandi Anda terlihat menggemaskan dengan pola lantai kotak-kotak selayaknya papan catur. Pola lantai keramik seperti ini biasanya banyak digunakan untuk kamar mandi bergaya Art Deco.

10.  Motif kayu yang memberikan kesan hangat dan nyaman di kamar mandi

Guilherme Torres – Studio Guilherme Torres / Denilson Machado – MCA Estùdio

Tips dari CASA Indonesia: Kini banyak produsen keramik yang menghadirkan motif kayu yang tahan air. Pilih keramik berukuran memanjang selayaknya parket kayu sebagai pengganti shower tray. Pastikan dilengkapi lapisan anti slip sehingga aman digunakan di area basah.

11.  Motif batu alam untuk nuansa yang berbeda di kamar mandi

Stonetto shower tray dari Duravit

Tips dari CASA Indonesia: Bagi Anda yang memilih menggunakan shower box, Stonetto shower tray dari Duravit terlihat seperti batu asli dan sekokoh material aslinya dan tahan gores. Produk ini terlihat serasi dengan keramik motif batu alam pada lantai dan dinding. Kemudahan penggunaan juga diperhatikan dengan desain drain cover yang menyatu secara halus, namun mudah dilepas dan dibersihkan.

12.  Motif granit agar kamar mandi terasa luas

DuraSquare dari Duravit

Tips dari CASA Indonesia: Finishing glossy pada keramik motif granit membuat kamar mandi menjadi luas, agar efek refleksinya. Keramik berlapis glossy tetap cocok digunakan di kamar mandi, namun pastikan produk yang dipilih dilengkapi lapisan anti slip sehingga terhindar dari bahaya terpeleset.

13.  Lantai keramik dengan peletakkan seperti batu bata

Tips dari CASA Indonesia: Agar tidak bosan dengan pola lantai keramik kamar mandi yang itu-itu saja, peletakkan selayaknya batu bata bisa Anda coba di kamar mandi Anda. Dengan peletakan zig zag, kamar mandi akan langsung terlihat berbeda dan menarik; dibandingkan pola peletakkan pada umumnya walaupun menggunakan jenis keramik yang sama.

14.  Kombinasi warna hitam putih untuk kamar mandi kekinian

Katie Martinez / desiretoinspire.net

Tips dari CASA Indonesia: Kamar mandi kromatik atau kombinasi warna hitam putih selalu cocok untuk segala gaya desain. Untuk motif lantai bisa beragam, mulai dari motif geometris, abstrak, bunga, atau alami. Sesuaikan warna kusen pintu dan jendela Anda, antara berwarna hitam atau putih solid.

15.  Motif khas Timur Tengah yang terlihat memukau untuk kamar mandi tamu

Lieca Studio / Saeffie Adjie Badas

Tips dari CASA Indonesia: Permainan motif khas Timur Tengah pada pola-pola lantai yang tersusun secara acak sangat cocok menjadi aksen kamar mandi. Motif ini bisa diaplikasikan menyambung ke dinding, namun sebaiknya di sebagian dinding saja agar tidak terlalu ramai. Tepat untuk kamar mandi tamu atau powder room, karena memiliki desain yang eye catching.

16.  Motif lingkaran untuk kamar mandi klasik

DJR Design Group dan Kiat Architects / DJR Design Group

Tips dari CASA Indonesia: Motif lingkaran pada lantai keramik kamar mandi akan membuat kamar mandi terlihat dinamis dan mewah, terutama jika dihadirkan chandelier di atas bathtub.

17.  Lantai serba hitam untuk sang introvert

Tips dari CASA Indonesia: Desain kamar mandi ini cocok bagi Anda yang memiliki karakter introvert. Warna hitam tidak selalu membuat ruangan menjadi terasa sesak. Semua tergantung dengan barang yang diletakan di dalamnya. Kamar mandi ini mengunakan keramik heksagon berwarna hitam yang menyambung dari lantai, dinding, hingga ke ceiling. Pilih produk sanitasi berwarna putih, agar kamar mandi terasa hidup.

18.  Kombinasi kayu dan lantai keramik agar kamar mandi terasa hangat

Milan De Luxe / Devon&Devon

Tips dari CASA Indonesia: Untuk memberikan kesan yang berbeda pada lantai kamar mandi, Anda bisa menggabungkan dua material pada satu area. Lantai keramik dengan parket kayu bisa diaplikasikan secara bersamaan. Jika Anda memilih warna kayu yang cenderung gelap, pilih keramik dengan warna terang agar terlihat kontras.

19.  Motif bunga untuk nuansa kamar mandi yang feminine

Regal colors bathtub / Devon&Devon

Tips dari CASA Indonesia: Agar mandi di bathtub semakin terasa relax, lantai kamar mandi bermotif bunga sangat sesuai, terutama bagi para wanita. Motif yang feminin ini akan membuat kamar mandi terlihat anggun dan menawan. Jika motif bunga sudah terasa cukup memenuhi ruang, pilih dinding kamar mandi berwarna polos.

20.  Kombinasi dengan mozaik yang menggemaskan

3sixty Space Planning + Design Inc. / Houzz

Tips dari CASA Indonesia: Jika mozaik dirasa terlalu vokal atau mendominasi, mozaik bisa dijadikan aksen di tengah kamar mandi saja. Kelilingi mozaik dengan lantai keramik polos dengan warna senada, agar terlihat serasi.

21.  Lantai heksagon untuk kamar mandi anak muda

Joanna Gaines / magnolia.com

Tips dari CASA Indonesia: Bentuk heksagon yang unik ini sangat tepat untuk kamar mandi anak muda atau remaja. Pilih warna nat keramik yang kontras agar terlihat berbeda dengan warna dasar keramik, misalkan keramik yang dipilih adalah hitam, maka gunakan nat keramik berwarna

22.  Keramik garis-garis atau persegi panjang untuk kamar mandi kecil

Tips dari CASA Indonesia: Bila kamar mandi Anda memiliki ukuran yang kecil, pemilihan bentuk keramik yang memanjang sangat cocok, agar kamar mandi terlihat jenjang dan memanjang. Sebaiknya memilih keramik berwarna terang, agar kamar mandi terlihat lebih luas.

Sumber : CASA Indonesia

Foto teaser: Hastings on hudson Residence karya Studio DB
Sumber foto: CASA Indonesia, Mario Wibowo, Devon&Devon, Grohe, Le Chateau, Duravit, Brizo, Kohler, DJR Design Group, Morrison6.com, Dezeen, desiretoinspire.net, magnolia.com, Studio DB